Senin, 20 Juni 2016

Ronaldo Pemain Terbaik Abad-21



MADRID – Mantan pemain Real Madrid, Jorge Valdano, coba membandingkan dua megabintang sepakbola dunia: Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Valdano yang sempat menjabat sebagai pelatih Madrid itu menyebut Ronaldo merupakan pesepakbola yang lebih hebat ketimbang Messi.

Karena itu, pemain berjuluk CR7 layak disebut sebagai pesepakbola terhebat pada abad 21. Dalam delapan tahun terakhir, nama Ronaldo dan Messi memang tak bisa dipisahkan.

Keduanya kerap dibanding-bandingkan, bahkan dalam periode tersebut, trofi Ballon d’Or selalu diraih keduanya. La Pulga –julukan Messi– meraih lima trofi, sementara Ronaldo mendulang tiga gelar yang diperuntukan bagi pesepakbola terhebat dunia.

Meski kalah dari segi trofi Ballon d’Or dari Messi, bukan berarti Ronaldo tak dapat disebut yang terbaik. Salah satu bukti keunggulan Ronaldo atas Messi ialah jumlah gol yang diraih sepanjang keikusertaan di Liga Champions. Di saat Messi telah meraih 83 gol, Ronaldo mampu menggelontorkan 10 bola lebih banyak.

“Ronaldo adalah pemain terbaik pada abad 21. Messi datang dari jalan, sementara Ronaldo berasal dari pusat kebugaran (gym). Ronaldo memiliki pergerakan yang lebih mekanis, atau dapat dibilang lebih seperti robot,” jelas Valdano mengutip dari Football Espana, Minggu (8/5/2016).